Samsung Pasarkan Galaxy Note 10.1 Edisi 2014
TEMPO.CO, Jakarta - Menjelang akhir tahun, PT Samsung Electronics Indonesia meluncurkan produk terbarunya, tablet Galaxy Note 10.1 edisi 2014. Produk ini termasuk kategori premium yang ditujukan bagi konsumen kelas menengah ke atas.
"Kami memang akan terus memperkuat pasar premium, istilahnya menjaga segmen ini," ujar Product Marketing Manager Mobile Samsung Indonesia Febri Rusli di Jakarta, Kamis, 5 Desember 2013.
Dia mengatakan, konsumen kelas menengah ke atas konsisten dalam memilih produk. "Makanya kami menyediakan beragam produk, namun disertai strategi umbrella campaign," kata Febri.
Strategi yang dia maksud, selain untuk mempertahankan pasar kelas premium, juga berpotensi untuk memperluas segmen. Caranya yaitu dengan menyediakan produk dengan fitur dan tampilan yang mirip, namun kategorinya berbeda.
Febri menyebutkan, tablet Galaxy Note 10.1 yang baru diluncurkan merupakan kelanjutan dari Galaxy Note 3 yang sudah dipasarkan sejak September lalu. "Keduanya memiliki bentuk dan tampilan yang kurang lebih sama, sehingga konsumen memiliki beragam pilihan," ujar dia.
Galaxy Note 10.1 edisi 2014 mengunggulkan tampilan, desain, serta fitur baru. Perangkat ini memiliki layar berukuran 10,1 inci dengan tampilan yang ditunjang teknologi WQXGA dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel serta super clear liquid crystal display (LCD).
Rancangannya mengusung tema fashion dan gaya hidup. Tablet ini memiliki ketebalan 7,9 milimeter dengan bobot 535 gram. Bezel atau tepian layarnya pun dibuat dengan ukuran lebih kecil dibandingkan pendahulunya.
Prosesor yang dibenamkan yaitu octa-core 1,9 gigahertz dengan RAM 3 gigabita. Sistem operasinya dijalankan oleh Android 4.3 atau Jelly Bean. Kapasitas memori internalnya 32 gigabita yang dapat ditingkatkan hingga 64 gigabita.
Fitur baru yang dihadirkan yaitu pena stylus S Pen. Pena ini diperbarui dengan teknologi interface yang memudahkan penggunanya untuk mengakses file dan notepad. S Pen bisa digunakan untuk membuat tulisan tangan serta menggambar.
Tablet ini siap dipasarkan mulai 6 Desember 2013. Satu unitnya dijual seharga Rp 7,99 juta.
Febri memperkirakan tren tahun depan mengarah pada tablet yang berukuran besar. Meski begitu, Samsung akan tetap menjual tablet dengan berbagai ukuran, yaitu 7 inci, 8 inci, dan 10 inci. "Ada kemungkinan akan ditambah dengan ukuran baru," ucap dia.
SATWIKA MOVEMENTI
www.yahoo.co.id